Hingga Jual Bibit dan Pohon Pule Pulang

Hingga Jual Bibit dan Pohon Pule Pulang

Hingga Jual Bibit dan Pohon Pule Pulang

 

Sebanyak sembilan orang pedagang pohon pule di pinggir jalan sepanjang jalan menuju Alun-alun Kota Blitar. Sebagian besar pedagang yang masih baru akan menggelar barang dagangannya dengan alas terpal. Kemudian di Alun-Alun Kota Blitar sudah ada dua yang lama mangkal di sana. Tergantung pada hari apa para pedagang menggelar barang dagangannya. Memang sudah sejak lama para pedagang ini mangkal di area Alun-alun kota Blitar ini. akan tetapi mereka hanya saling berbincang saja antar pedagang. Biasanya para pedagang Jual Bibit dan Pohon Pule iniberkumpul untuk membicarakan cara perawatan dari dagangan mereka saja. mereka berkumpul tidak sempat membawa barang dagangannya. Sehingga mereka hanya berkumpul dengan tangan kosong. Namun mereka tetap kompak untuk berkumpul di sana. Mereka tidak pernah ada yang absen dari perkumpulan para pedagang pohon pule ini.

Para pedagang pohon pule yang berkumpul rata-rata sudah berusia separuh baya. Mereka tetap semangat bekerja walaupun hanya berjualan pohon pule. Para pedagang yang berkumpul biasanya juga semakin bertambah. Ada sekitar lima belas orang yang berkumpul. Mereka semua adalah pedagang pohon pule yang ada di kota Blitar. Mereka saling kenal sejak mereka datang ke alun-alun beberapa waktu lalu. Waktu itu, di alun-alun kota Blitar ada kegiatan penanaman seribu pohon pule. Penanaman pohon pule ini diadakan oleh bapak wali kota sebagai peringatan hari bumi. kegiatan ini menarik para pedagang pohon pule. Hal ini, yang membuat para pedagang ini saling mengenal antara satu sama lainnya. Sehingga sesama pedagang yang ingin laku barang dagangannya yakni Jual Bibit dan Pohon pule saling mengenal dan sepakat bertemu kembali dalam minggu berikutnya. Mereka juga saling bertukar nomor hp. Mereka sepakat bertemu awalnya hanya ingin saling mempererat tali silahturami saja. mereka yang sudah sangat sering bertemu dan akrab akhirnya mereka menjadikan pertemuan antar pedagang ini dilkukan setiap malam minggu di sekitar alun-alun kota Blitar.

Para pedagang yang ikut berkumpul merasa senang karena dapat bertukar pengalaman sesama pedagang pohon pule. Mereka berkumpul membicarakan pengalaman proses penjualan pohon pule. Selain itu, mereka berkumpul membicarakan proses perawatan dari pohon pule agar tidak mati sebelum kepada pembeli. Kumpulan para pedagang pohon pule ini juga akan memanggil seorang ahli pembibitan pule dari luar. Dengan harapan mereka dapat mengembangkan usahanya Jual Bibit dan Pohon Pule secara mandiri. Mereka tidak harus membeli dahulu kepada pembibit. Mereka akan menjual hasil pembibitannya sendiri. Dengan demikian mereka akan mempunyai hasil yang lebih banyak dari pada harus membeli bibit dahulu kepada pedagang khusus bibit yang mereka kenal.

Leave a Reply