PERNAH JADI SOPIR SAMPAI JADI PEMBANTU, INI CERITA SETYA NOVANTO

Ketua DPR Setya Novanto bercerita masa mudanya waktu jadi mahasiswa serta alami kesusahan ekonomi.

Narasi ini di sampaikan Novanto untuk berikan motivasi Mahasiswa yang ada dalam seminar di Sekolah Tinggi Pengetahuan Ekonomi Sumatera Barat, Pariaman, Sabtu (25/3/2017).

“Saat mahasiswa, supaya tidaklah perlu membayar kos, saya jadi sopir keluarga ditempat saya tinggal. Saya juga jadi pembantu, bersihkan tempat tinggal, serta yang lain, ” kata Setya Novanto dalam info tertulis, Sabtu (25/3/2017).

“Pagi hari sebelumnya jadi sopir mengantar anak-anak tuan-rumah ke sekolah, jam 4 pagi saya jualan beras di pasar Surabaya. Dari situ saya mulai kumpulkan uang sedikit untuk sedikit untuk kepentingan kuliah” narasi alumni Kampus Katolik Widya Mandala Surabaya ini.

Novanto mengakui tidak sempat kurang percaya diri dengan keadaan ekonominya waktu itu. Keadaan ekonomi Novanto mulai lebih baik waktu ia jadi tukang bersihkan mobil di satu diantara dealer di Surabaya.

“Karena saya kuliah ambil akuntansi, saya sedikit banyak tahu mengenai perekonomian. Alhamdulillah, pada akhirnya saya diakui jadi Ketua penjualan mobil Indonesia sisi timur di perusahaan tersebut” ucap Novanto.

Singkat narasi, satu hari yang memiliki dealer bertanya pada Novanto bagaimana caranya tingkatkan penjualan mobil serta menaikan omset perusahaan.

Hingga pada akhirnya dapat jadi entrepreneur nasional serta Ketua DPR RI, semuanya, menurut Novanto, tidak lepas dari semangat serta usaha keras.

Novanto juga memohon beberapa mahasiswa, janganlah takut berwiraswasta. Terkecuali belajar di universitas, mahasiswa juga baiknya mulai usaha sekecil apa pun.

“Darimanapun asal mula adik-adik mahasiswa semuanya, dari latar belakang keluarga yang dapat atau tidak dapat, dihadapan Tuhan, status sosial kita sama. Karenanya, jangan sampai kehilangan kepecayaan diri serta jangan sampai takut melangkah” tutur Novanto.

Novanto mengakui mengagumi akan dengan orang-orang Minangkabau yang dia nilai mempunyai etos kerja yang tinggi, terlebih dalam soal perdagangan.

Semangat berikut yang juga akan menumbuhkan beberapa wiraswastawan dari beragam tingkatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *