5 Tips Dalam Memilih Font

Tipografi layaknya yang kita semua ketahui ialah salah satu unsur yang sangat penting dari tiap bagian desain. Pilihan tipografi pada akhirnya dapat menciptakan sesuatu yang unik namun dapat juga menghancurkan desain anda. Oleh sebab itu, paling penting untuk seorang designer guna mempunyai mata yang jeli dan selera dalam memilih tipografi yang tepat guna proyek yang berbeda. Salah satu jenis font keren belum tentu dapat digunakan untuk desain pada proyek kamu yang lain. Jadi sangat urgen untuk memilih tipografi yang tepat guna proyek-proyek desain.

Memilih jenis huruf yang tepat untuk sekian banyak  proyek desain kamu dapat menjadi salah satu kegiatan yang menakutkan bila kamu tidak mengerti teknik yang benar dan tentunya dapat menimbulkan kebingungan ketika kamu mencari jenis font untuk kebutuhan proyek. Karena terdapat ribuan jenis font yang tersedia dan hampir  tiap hari  font-font baru bermunculan, ini tentu dapat menimbulkan kebingungan.

Hal ini sama dengan memilih baju guna acara tertentu, bila kamu ingin pergi ke acara pernikahan yang formal tentu kamu akan memakai jas atau minimal batik, tidak mungkin kamu menggunakan kaos, pasti akan tampak aneh. Begitu pun dalam pemilhan font, guna perusahaan serius tentunya bakal salah bila kamu memilih jenis font komik.

Sekali lagi bila kamu mengerjakan desain guna orang lain, bukan untuk kamu sendiri, pasti tidak dapat asal-asalan, apa lagi andai nilai project nya lumayan besar, reputasi kamu di pertaruhkan, jadi pemilihan font juga tidak dapat sembarangan, tidak sedikit hal yang butuh dijadikan pertimbangan.

jadi, Bagaimana teknik memilih font yang baik dan benar? berikut sejumlah aturan yang bisa kamu jadikan pertimbangan.

  1. Pahami Siapa Target Audiens

Yang kesatu yang urgen untuk diacuhkan yaitu siapa klien kamu dan guna siapa desain tersebut nanti digunakan. Font guna bank pasti akan bertolak belakang dengan perusahaan keuangan, atau perusahaan teknologi, apa lagi perusahaan games.

  1. Fokus Pada Keterbacaan (Readability)

Keterbacaan dalam desain lumayan penting guna di perthatikan. Pastikan guna memilih font yang bisa dibaca. Jelas, di era kini ini, anda semua pasti punya keinginan untuk meletakan konsentrasi pada penampilan yang menarik atau pesona visual, namun tetap keterbacaan dari suatu font paling penting.

  1. Mempersempit Pilihan

Sangat urgen untuk merencanakan apa yang ingin kamu tampilkan. Ada satu aturan praktis yang urgen untuk diterapkan dalam seluruh jenis desain. Usahakan untuk seringi memilih tiga jenis font guna bagian yang berbeda, satu guna judul, satu guna bagian isi (body text) dan satu lagi guna aksen. Ini akan menciptakan desain kamu tampil menawan, mempunyai visual yang bagus dan gampang untuk di mengerti. Terkadang dua jenis font saja sudah cukup.

  1. Pengaturan Kata dan Spasi

Pengaturan kata yang benar dan jarak yang tepat akan menciptakan desain kamu terlihat profesional, gampang dibaca dan dicerna tanpa memunculkan kebingungan untuk orang lain untuk mengetahui apa pesan yang ingin dikatakan melalui desain tersebut. Jenis font yang kamu pilih mesti memungkinkan anda untuk mengerjakan pengaturan kata yang tepat dan spasi untuk menciptakan teks gampang dibaca.

  1. Terlihat Profesional

Meskipun kamu seorang newbie, tetap pastikan desain kamu tidak membuat orang lain menilai kamu seorang newbie. Maksudnya ialah berada di level manapun kamu sekarang, tidak peduli telah berapa lama kamu mendesain, tidak boleh pernah meremehkan pemilihan font. Ketika memilih font tanyakan pada diri sendiri apakah font tersebut akan menciptakan desain kamu terlihat profesional atau tidak, andai jawabannya tidak segera tinggalkan font itu dan cari terus yang tepat dan cocok dengan keperluan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *