Perkebunan Teh Malabar Bandung

Sejarah Perkebunan Teh Malabar Bandung

Perkebunan Teh Malabar Bandung seluas 2.022 hektare ini setiap hari dapat mengolah 60.000 kilogram pucuk teh. Pemasaran nya sembilan puluh persen ke luar negeri. Tenaga kerja yang terlibat mencapai 1.860 orang. Perkebunan teh Malabar telah dibuka sejak tahun 1890-an. Oleh Preangerplanter bernama Kerkhoven yang sebelumnya sudah membuka perkebunan teh di daerah Gambung, Ciwidey. Akan tetapi, popularitas kawasan Perkebunan Teh Malabar Bandung berkembang dengan pesat dan memuncak setelah Kerkhoven mengangkat sepupunya, Karel Albert Rudolf Bosscha, untuk menjadi administratur perkebunan ini pada tahun 1896.

Kebun Teh Malabar Bandung Simpan Catatan Sejarah

Kebun teh Malabar selain menawarkan pesona alam juga menyimpan catatan sejarah. Di sini terdapat makam dan rumah peninggalan K.A.R Bosscha. Bosscha adalah pendiri Perkebunan Teh Malabar pada Agustus 1896. Dia juragan seluruh perkebunan teh di Kecamatan Pangalengan. Bosscha datang ke Indonesia pada 1887 saat berusia 22 tahun. Dan berperan dalam membangun gedung bersejarah di Bandung, di antaranya Societeit Concordia (Gedung Merdeka). Serta Observatorium Bosscha, dan Technische Hoogeschool (Institut Teknologi Bandung). Dia  lahir pada 15 Mei 1865 di Den Haag, wafat di Malabar, 26 November 1928. Bosscha di makam kan di tengah-tengah perkebunan Malabar. Tempat ini dipilih sesuai dengan permintaannya.

Rumah peninggalan Bosscha kini di jadikan tempat wisata. PT PN VIII menyediakan wisma, villa, atau guest house bagi para wisatawan. Guest house ini berada di samping Rumah Bosscha. Di Guest house ini terdapat 11 unit kamar, 9 kamar di atas dan 2 kamar di bawah. Setiap kamar di lengkapi dengan 2 single bed atau 1 twin bed. Penghangat ruangan, kamar mandi dengan air panas, dan berada depan dengan view hamparan hijau perkebunan teh.

Selain guest house yang berdekatan dengan rumah peninggalan Bosscha. Di kawasan ini pun terdapat Wisma Melati 1 – 2 yang berkapasitas untuk 50 orang. Ada 7 Rumah Kayu Kelapa yang masing-masing berkapasitas untuk 6-8 orang. Sejumlah kunjungan wisata ditawarkan PT PN VIII,. Yakni berjalan-jalan atau tea walk ke Gunung Nini tempat Bosscha dulu mengawasi pekerjaan pemetik. Kunjungan ke pabrik teh, arena permainan anak, berkunjung ke rumah bosscha dan makam bosscha yang terkenal.

Tempat Wisata Di Sekitar Kebun Teh Malabar

Tempat wisata disekitar kebun teh malabar yang bisa di akses adalah seperti mengunjungi salah satu danau di bandung Situ Cileunca. Serta Pemandian Air Panas Alami Cibolang, Tirta Camelia Hotspring water. Dan berbelanja hasil perkebunan dan masih banyak yang lainnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *