Tips dan Cara Agar Nyaman Saat Menyusui Untuk Payudara Kecil

Pada umumnya banyak Ibu baru yang kerap sekali mengkhawatirkan apa bisa menyusui atau tidak jika payudaranya kecil. Sebenarnya, ukuran payudara tidak menentukan produktivitas Air susu ibu (ASI). Ukuran itu karena perbedaan jaringan lemak. Bunda tak perlu khawatir karena penelitian telah menegaskan jaringan lemak yang membentuk payudara tidak ada hubungannya dengan suplai ASI, Jadi, masih banyak cara menyusui terlebih untuk Anda yang memiliki payudara kecil.

Selain itu juga, yang perlu Anda ketahui adalah adanya alveoli di payudara yang jadi tempat diproduksinya ASI. Kata dr Hikmah, Jumlah alveoli pada masing-masing ibu berbeda. Namun Bunda nggak perlu khawatir , ASI tidak perlu banyak kok yang penting cukup untuk bayi kita.

Meski memiliki sepasasang payudara yang kecil, Bunda masih bisa menghasilkan ASI yang sehat dan cukup kok untuk sang buah hati. Nah, Ada beberapa kiat yang akan membantu Bunda dengan payudara kecil ketika menyusupi seperti di lansir Standart Media.

Pegang Bayi dengan posisi tangan berbentuk V

Kebanyakan ibu disarankan untuk memegangi payudaranya menggunakan tangan bentuk C yakni Bunda memegang payudara dengan posisi ibu jari di bagian atas payudara dan jari-jari lain di bawah payudara. Nah, memegang payudara dengan tangan bentuk V dianjurkan untuk ibu menyusui dan berpayudara kecil. Cara memebang bentuk V, letakkan telunjuk dan jari tengah di sekitar payudara.

Menyusui dari kedua payudara setiap saat

Ukuran payudara memang tidak mempengaruhi produksi ASI. Tapi cobalah menyusui bayi dari ledua payudara setiap kali menyusui , dan pastikan bayi mendapatkan cukup ASI. Mulailah dengan payudara yang berbeda setiap kalinya untuk memastikan budnda tidak memiliki sisa ASI (residu) di salah satu payudara.

Memberi ASI secara teratur

Bunda bisa memberikan ASI setidaknya delapan hingga dua belas kali sehari untuk memastikan mendapat cukup nutrisi, Atau, jika Bunda bekerja bisa juga kok memerah ASI. Pastikan mengonsumsi makanan yang bergizi karena bayi mendapat nutrisi dari apapun yang kita makan.

Pastikan menggendong bayi dengan benar

Cara menyusui  yang selanjutnya adalah dengan menggendong bayi dengan benar sangat penting untuk keberhasilan menyusui. Pastikan Bunda bisa melihat lidah bayi ketika menarik bibir bawahnya dan Bunda dapat mendengar suara bayi menelan ASI. Jika bayi terdengar membuat isapan dan suara klik, ubah posisi menggendong karena itu berarti bayi belum melekat pada putting dengan benar.

Asi mengandung banyak protein yang mudah dicerna, serta membantu memperkuat daya tahan tubuh bayi secara alami. Asi juga keluar dalam suhu yang tepat, sehingga ibu tidak perlu melakukan persiapan apapun. Bayi yang mendapatkan ASI cenderung beresiko rendah mengalami kolik. Infeksi pernapasan dan telibfa, sembelit, asma, ataupun alergi.

Selain itu, bunda juga bisa mendapatkan manfaat dari menyusui. Sebab, menyusui dapat membakar hingga 500 kalori per hari yang membantu bunda untuk kembali ke berat badan semula, sebelum melahirkan.

Makanya setelah bayi lahir cobalah untuk menyusui melalui inisiasi Menyusui Dini (IMD). Sebaiknya juga bunda dan si kecil berada di dalam ruangan yang sama, sebagai antisipasi saat si kecil membutuhkan ASI. Bunda juga harus memiliki pola makan yang sehat dan juga seimbang, membatasi makanan dan minuman berkafein karena dapat membuat bayi gelisah dan susah tidur.

Nah begitulah cara menyusui untuk bunda berpayudara kecil, beserta manfaat dari asi nya. Semoga membantu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *